Senin, 15 Desember 2008

Dr Yow-Pin Lim

Lihat Saya dari Cirebon itulah tulisan yang saya baca di selembar koran Kompas yang dijadikan keset pintu oleh Edi, office boy kantor saya PT. DIN, karena tertarik saya ambil selembar koran yang hampir robek karena di injak-injak karyawan yang bekerja di kantor tersebut.

Awal saya baca tertulis nama Dr Yow-Pin Lim seorang pria kelahiran Cirebon 47 tahun yang lalu, dalam hati saya bertanya “siapa sih orang ini?” ternyata dia adalah seorang ilmuwan pendiri Lembaga Riset yang bernama Pro Thera Biologics – East Providence Rhode Island, dan juga seorang dokter di rumah sakit Rhode Island, dengan lembaganya itu ia masuk ke ranah bioteknologi yang notabene masih dianggap fenomena abad-21 oleh para futurolog.

Lembaga riset yang ia dirikan memiliki 3 (tiga) proyek penelitian utama yaitu kanker, sepsis, dan biodefence.
Di lembaga tersebut kanker diteliti pada tingkat inter-alpha inhibitor protein yang setelah saya cari artinya di ensiklopedi kedokteran adalah wilayah yang menjadi sumber dari kanker.

Kemudian sepsis yang menurut Dr Yow Pin adalah satu area yang di Amerika dianggap sebagai wilayah problematic dunia medis, penjelasan umum sepsis adalah bagaimana tubuh kita bereaksi secara berlebihan terhadap suatu infeksi, bahkan yang disebabkan oleh luka kecil sekalipun.

Satu hal lagi yang diteliti oleh Dr Yow Pin, yaitu biodefence pemanfaatan protein untuk mencegah atau mengintervensi proses, misalnya intoksikasi antraks (anthrax intoxication), yang kita tau adalah suatu senjata kimia yang mematikan seperti yang pernah terjadi di Amerika pada tahun 2001 dimana ada lima orang mati karena kiriman surat yang berisi anthrax.

Yang membuat saya bangga adalah saat dia presentasi dengan National Institutes of Health (NIH) dia berkata Look at me! I’m from Cirebon Indonesia, Indonesia is a great nation saya bertanya dalam hati “Hebat… siapa lagi yang akan menyusul dia go international?” beberapa saat kemudian saya lihat oboy (panggilan Edi) masuk ruang saya, iseng-iseng saya bertanya, “Boy lihat nih... orang desa bisa jadi hebat di negeri orang, Amerika lagi, kalau kau mau jadi apa boy” tanyaku, dengan polosnya dia jawab “Kalau saya pengen jadi GM office boy, Pak!” dengan senyum kujawab,”I hope boy… I hope..” kamipun tertawa bareng karena obrolan itu.

Bukan suatu hal yang mustahil bila kita berusaha, miracle always show up if we do the best.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Soegeng Rawoeh Poro Sederek...